Definisi Genre Musik Reggae

Definisi Genre Musik Reggae


Reggae adalah bentuk pembebasan terhadap pandangan kaum babylons (kaum kulit putih) terhadap masyarakat di benua afrika, Reggae sendiri tumbuh dewasa dibelahan dunia dengan berbagai warna dan khas masing-masing salah satunya Indonesia, revolusi masih terus berlanjut Reggae atau Roots reggae yang awalnya lahir sebagai musik pembebasan berbeda dengan disini, Reggae sendiri menjadi musik santai atau musik pantai bagi sebagian penikmat reggae yang hanya menikmati musiknya namun tidak dengan filosovi dan akar2 reggae tersebut.



Kalau saya boleh berkomentar tentang musik yang juga saya cintai dan saya nafasi ini, "Reggae adalah sebuah kegiatan sosial,karna dari semua jenis musik hanya reggaelah yang mampu berdiri atau membaur dari segala suku dan budaya, Reggae bukan musik santai tapi Reggae musik pembebasan,perlawanan terhadap segala tirani dan penindasan kaum kulit hitam...


Reggae adalah suatu aliran musik yang awalnya dikembangkan di Jamaika pada akhir era 60-an. Sekalipun kerap digunakan secara luas untuk menyebut hampir segala jenis musik Jamaika, istilah reggae lebih tepatnya merujuk pada gaya musik khusus yang muncul mengikuti perkembangan ska dan rocksteady.
Reggae berbasis pada gaya ritmis yang bercirikan aksen pada off-beat atau sinkopasi, yang disebut sebagai skank. Pada umumnya reggae memiliki tempo lebih lambat daripada ska maupun rocksteady. Biasanya dalam reggae terdapat aksentuasi pada ketukan kedua dan keempat pada setiap bar, dengan gitar rhythm juga memberi penekanan pada ketukan ketiga; atau menahan kord pada ketukan kedua sampai ketukan keempat dimainkan. Utamanya "ketukan ketiga" tersebut, selain tempo dan permainan bassnya yang kompleks yang membedakan reggae dari rocksteady, meskipun rocksteady memadukan pembaruan-pembaruan tersebut secara terpisah.

Reggae di Indonesia

Beberapa nama yang terkenal dalam dunia musik Reggae dan sub-ragamnya Indonesia antara lain Tony Q Rastafara, Gangstarasta, Steven & Coconut Treez, Souljah, Ras Muhammad, Joni Agung (Bali), Mbah Surip (Mojokerto), Marapu (Yogyakarta).
Sekitar tahun 1986 musik Reggae mulai dikumandangkan di Indonesia, band tersebut adalah barbet comunity, Black Brothers Papua, Black Company sebuah band dengan genre Reggae, pada tahun 1988 sekelompok anak papua yang sedang study di bandung, mendirikan sebuah group band reggae (Emergency Reggae Band) dan beberapa tahun kemudian muncul Asian Roots yang merupakan turunan dari band sebelumnya, kemudian ada Asian Force dan Abresso, Jamming lalu Tony Q Rastafara. Pada tahun 2001, muncul band Gangstarasta sekelompok anak muda yang memainkan musik reggae, lalu tahun 2006 Steven & Coconut Treez dengan hits "Welcome To My Paradise"

Post a Comment

2 Comments