DCDC Rock N Semble : Kolaborasi Musik Skate Punk Dengan Tradisional

DCDC Rock N Semble : Kolaborasi Musik Skate Punk Dengan Tradisional



SeputarMusik - Setelah berhasil menggarap kolaborasi epik antara Burgerkill yang memainkan aliran musik metal dengan orkestra dalam gelaran ‘DCDC Killchestra’, kini DCDC hadirkan satu terobosan baru yang menggabungkan dua kutub musik yang berbeda, yaitu musik punk dengan musik tradisional. Punk sebagai aliran musik “impor” dari mancanegara berhasil dikawinkan dengan gamelan, salah satu musik tradisional kebanggaan Indonesia. Rosemary dan Ki Ageng Ganjur adalah dua entitas yang merealisasikan kolaborasi tersebut.

Dari latar belakang seni, Rosemary dan Ki Ageng Ganjur adalah dua kelompok musik yang bisa dibilang bertolak belakang. Dibentuk pada tahun 1997 di tengah komunitas skateboard, Rosemary adalah band yang memainkan turunan musik punk yang disebut skate-punk dengan lima orang personil, yaitu Indra Gatot (gitar & vokal), Inkmary (gitar & vokal), Fajar (bas), Denny Hsu (drum) dan Bane (trompet). Sementara Ki Ageng Ganjur adalah kelompok musik asal Yogyakarta yang diisi oleh sekumpulan musisi santri dengan alat musik tradisional gamelan sebagai sarana utama mereka dalam menyampaikan pesan yang condong pada hal-hal berbau relijius.

Rosemary dan Ki Ageng Ganjur dipertemukan dalam sebuah tur pada tahun 2015. Ide liar untuk mengolaborasikan musik skate-punk dan gamelan sudah hadir saat itu, namun belum sempat direalisasikan karena satu dan lain hal. Akhirnya, di tahun 2019 ini, rencana keduanya dapat terlaksana lewat ‘DCDC Rock N’Semble’, sebuah program spesial yang didukung penuh oleh DjarumCoklatDotCom (DCDC) yang secara konsisten mendukung pergerakan musisi atau band independen tanah air.

Dalam kolaborasinya, terdapat enam buah lagu Rosemary yang dikolaborasikan bersama Ki Ageng Ganjur, salah satunya adalah lagu favorit para WARS sebutan untuk penggemar Rosemary yaitu “Punk Rock Show”. Proses kolaborasi ini diawali dengan agenda berlatih bersama di sebuah padepokan di Yogyakarta dengan melibatkan Hinhin Agung Daryana (Akew) sebagai music director. Kemampuannya di bidang instrumentasi tradisional membuat Hinhin menjadi sosok yang paling tepat untuk merancang aransemen antara Rosemary dan Ki Ageng Ganjur.

Jangan sampai ketinggalan dengan acara tersebut pada tanggal 19 Oktober 2019 di Lapangan pussenif bandung karna selain Rosemary akan dimeriahkan oleh lowdick, Stand here alone, Mawang dan masih banyak lagi band keren lainnya. 

#SeputarMusikIndo
#DCDCRocknsemble
#DjarumCoklatDotCom
#DCDC

Post a Comment

0 Comments